RadarURL Tutorial Penggunaan gpg4usb Portabel ~ Dari Ane untuk Agan

Minggu, 07 April 2013

Tutorial Penggunaan gpg4usb Portabel


gpg4usb program gratis, open source, portabel untuk mengenkripsi teks (email) pesan dan file. Ia menggunakan algoritma Enkripsi Public Key yang sama sebagai program GPG dan PGP.
Downloading gpg4usb
  • klik ikon gpg4usb di bawah ini untuk membukahttp://gpg4usb.cpunk.de/download.html halaman web
  • Klik link gpg4usb-x.x.x.zip di bawah Filename diatas arsip zip untuk download.
  • Tempatkan file gpg4usb-x.x.x.zip , dan unzip .
  • setelah Anda unzipped dan ekstraksi semua file , Anda harus mengahapusnya. file zip yang sudah Anda simpan pada komputer Anda
gpg4usb
Situs Resmi
Sistem operasi yang diperlukan
  • Semua versi windows
Versi yang digunakan dalam panduan ini
  • 0.3.1
Lisensi
  • Piranti lunak gratis dan bisa diakses dimana saja (Free and Open-Source Software)
Petunjuk yang perlu dibaca
Level: 1: Pemula, 2: Umum 3: Menengah, 4: Berpengalaman, 5: Ahli
Waktu yang diperlukan untuk menggunakan alat ini: 20 menit
Apa yang akan Anda dapatkan:
  • Kemampuan untuk mengenkripsi file dan pesan teks dari mana pun Anda berada (misalnya, sebuah kafe internet atau di tempat kerja)
  • Kemampuan untuk mengenkripsi pesan off-line atau ketika akses internet tidak tersedia, dan kemudian mengirimkannya dari komputer yang terhubung ke Internet kemudian.

1.1 Hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan alat ini

gpg4usb adalah program yang sederhana, ringan dan portabel yang memungkinkan Anda mengenkripsi dan mendekripsi pesan teks dan file. gpg4usb di dasarkan pada kriptografi kunci publik. Dalam metode ini, setiap individu harus menghasilkan sepasang kuncinya masing-masing. Yang pertama dikenal dengan sebutan kunci pribadi/private. Ini di lindungi oleh password atau passphrase, di jaga dan jangan pernah berbagi dengan siapa pun.
Kunci kedua dikenal dengan kunci publik. Kunci ini dapat dibagi dengan salah satu koresponden Anda - dan koresponden Anda dapat berbagi kunci mereka kepada Anda. Setelah Anda memiliki kunci umum koresponden Anda, Anda dapat mulai mengirimkan email enkripsi kepada orang itu. Hanya dia yang dapat mendekrip dan membaca email Anda, karena dia hanya seorang yang mempunyai akses ke kunci pribadi.
Demikian pula, jika Anda mengirim salinan kunci publik Anda sendiri ke kontak email Anda dan menjaga kerahasiaan kunci pencocokan pribadi Anda, hanya Anda yang dapat membaca pesan enkripsi dari kontak-kontak itu.
Anda juga dapat melampirkan tanda tangan digital untuk pesan Anda. Penerima pesan Anda yang memiliki salinan asli dari kunci publik Anda akan dapat memverifikasi bahwa email tersebut berasal dari Anda, dan isinya tidak dirusak di dalam perjalanan.Demikian pula, jika Anda memiliki kunci publik koresponden, Anda dapat memverifikasi tanda tangan digital pada pesan-pesannya.
gpg4usb memungkinkan Anda generate sepasang kunci enkripsi, mengekspor kunci publik untuk dibagikan dengan orang lain, menulis pesan teks, dan mengenkripsi itu. Anda bisa cukup copy dan paste kunci publik dan / atau pesan terenkripsi darigpg4usb untuk tubuh email Anda, atau menyimpannya sebagai file teks yang akan dikirim kemudian. Dokumen dan file dapat dienkripsi juga.
Catatan: ingatlah bahwa versi yang asli, versi yang tidak terenkripsi dari dokumen dan file Anda mungkin masih berada di komputer Anda, sehingga koresponden Anda dan diri Anda sendiri harus ingat untuk menghapusnya dari komputer bila diperlukan.
gpg4usb memungkinkan Anda menukar kunci dan pesan yang terenkripsi serupa dengan program GPG atau PGP.

Cara Install gpg4usb dan Generate Sepasang Kunci

Daftar isi dari halaman ini:

2.0 Cara Install gpg4usb

Instalasi gpg4usb adalah proses yang cukup mudah dan sederhana, untuk memulai proses instalasi lakukan langkah-langkah berikut:
Langkah 1Tempatkan file arsip gpg4usb zipped, kemudian extract semua file ke perangkat removable USB atau folder pada komputer Anda :
Gambar 1: Lokasi tujuan program gpg4usb
Langkah 2. untuk menjalankan program gpg4usb , klik dua kali  untuk membuka folder gpg4usb dan kemudianklik dua kali  untuk mengaktifkan jendela Open File - Security Warning.
Langkah 3Klik  untuk meluncurkan program gpg4usb seperti:
Gambar 2: konsol utama gpg4usb

2.1 Cara Generate sepasang kunci gpg4usb

Sebelum Anda dapat mulai mendekripsi dan mengenkripsi dokumen, file dan pesan teks, anda harus terlebih dahulu Generatesepasang kunci. Namun, sebelum Anda dapat mengenkripsi informasi yang akan dikirim ke orang lain, mereka harus terlebih dahulu mengirimkan kunci publik mereka.Bagaimana men-share kunci publik di jelaskan pada halaman berikutnya. Untuk mulai Generate sepasang kunci Anda, lakukan langkah-langkah berikut:
Langkah 1Klik  untuk mengaktifkan layar berikut:
Gambar 3: Jendela Keymanagement dengan item Generate Key yang dipilih
Langkah 2Select item Generate Key dari menu Key muntuk mengaktifkan jendela Generate Key .
Langkah 3Enter data yang tepat kedalam kotak teks yang sesuai, jadi Anda mempunyai jendela anda sendiri yang menyerupai seperti berikut:
Gambar 4: sebuah contoh dari format Generate Key yang selesai
Penting: Menyetel kata sandi yang aman untuk melindungi kunci pribadi Anda (silahkan lihat bab 3 3. Cara membuat dan menjaga keamanan kata sandi).
Catatan: Sebelum Anda dapat mengatur tanggal kadaluwarsa untuk sepasang kunci, Anda harus disable kotak Never Expireuntuk mengaktifkan fitur calendering.
Catatan: daftar gulir KeySize in Bit digunakan untuk menyetel ukuran dari kunci Anda perlu diingat bahwa kunci yang ukurannya lebih besar lebih aman, tapi juga membutuhkan waktu lebih untuk membuatnya, enkrip dan dekrip teks.
Langkah4Klik  untuk generate sepasang kunci. setelah sepasang kunci sudah sukses di generate, layar yang menyerupai seperti berikut akan muncul:
Gambar 5: Jendela Keymanagement, menampilkan sepasang kunci yang baru dibuat
Sekarang Anda telah berhasil membuat sepasang kunci, Anda harus belajar bagaimana cara mengekspor kunci publik anda untuk berbagi dengan orang lain, dan bagaimana untuk mengimpor kunci publik koresponden Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Get this widget!