RadarURL Pengertian Fresh graduate ~ Dari Ane untuk Agan

Kamis, 21 Februari 2013

Pengertian Fresh graduate


Fresh graduate merupakan sebutan yang biasa diberikan untuk mereka yang baru saja lulus dari bangku perkuliahan. Sering kali Anda sebagai fresh graduate dipandang sebelah mata, karena belum adanya pengalaman bekerja pada CV Anda. Diawal seorang fresh graduate bekerja, rata-rata dari mereka akan mengalami perlakuan yang berbeda dalam beberapa hal. Diantaranya dalam hal gaji, pembagian kerja, maupun perlakukan personal.

Tetapi perlakuan ini tentu tidak akan selamanya Anda alami. Seiring berjalannya waktu tentu Anda ingin lebih diakui sebagai karyawan yang memiliki kemampuan dan juga ingin lebih dihargai.

Berikut hal sederhana yang dapat dilakukan untuk dapat lebih dihargai :This time to show. Inilah saatnya bagi Anda untuk unjuk gigi. Pada awal bekerja mungkin Anda akan mengalami masa transisi. Masa dimana Anda harus mengalihkan kebiasaan mereka pada perkuliahan ke dunia kerja. Yang biasanya pada saat kuliah mereka masih dapat mengandalkan dosen untuk membimbing mereka. Kini Anda sendirilah yang harus menentukan perjalanan karirnya. Dalam dunia kerja akan dituntut untuk bekerja mandiri, cepat dan fleksibel. Maka Anda tidak boleh ragu untuk menentukan langkah karir. Tunjukkan loyalitas diri dalam pekerjaan, tunjukkan kalau Anda mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dalam bangku perkuliahan dan tunjukkan bahwa Anda pun mampu belajar cepat tentang dunia kerja. Jika usaha telah maksimal cepat atau lambat status fresh graduate akan segera beralih menjadi pekerja berpengalaman.

Teruslah belajar dan jangan pernah menyerah. Wajar jika pandangan beberapa teman kerja atau atasan Anda menganggap fresh graduate itu adalah pegawai yang tidak mampu bekerja dengan baik. Jadikan pandangan seperti ini adalah semangat untuk Anda, teruslah belajar tentang banyak hal atau bertanya kepada kenalan Anda yang lebih berpengalaman tentang dunia kerja. Dimana pun Anda berada tantangan akan selalu ada. Maka camkan pada diri Anda untuk tidak menyerah.

Singkirkan ego. Akan selalu ada pemikiran dan pendapat berbeda dalam lingkungan kerja. Maka itu belajarlah untuk menahan ego Anda dan belajar untuk menempatkan diri pada kondisi dan situasi yang seharusnya. Kenali lingkungan kerja Anda dengan baik, pahami karakter teman kerja Anda dan mulailah dari diri Anda.

Menjadi diri sendiri. Diri Anda sendiri yang paling mengenal bagaimana diri Anda. Tunjukan bahwa pribadi Anda adalah unik dan buat teman kerja Anda nyaman bekerja bersama Anda. Permasalahan dengan lingkungan kerja pasti ada, apalagi jika Anda belum terbiasa dengan dunia kerja. Jika ada teman yang kurang nyaman atau tidak suka dengan keberadaan kita bersabarlah dan cari jalan keluar terbaik. Dan yakin suatu hari nanti keberadaan Anda akan dihargai, baik segi ilmu maupun segi materi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Get this widget!